Featured Image Tidak Muncul di Facebook

Kemarin saya coba share tulisan di blog ini ke akun Facebook pribadi saya. Akan tetapi, karena ada sedikit kesalahan, featured image-nya tidak muncul. Featured image adalah gambar yang kita harapkan muncul bersama dengan tulisan ketika di-share di sosmed. Saya coba cari solusinya di Internet, lalu dapatlah tautan ini.

Singkat cerita, solusi yang ditawarkan di artikel itu sukses menjawab yang saya inginkan. Featured image saya muncul di Facebook. Hanya saja, sebagai pengingat pribadi, saya coba tulis menjadi satu artikel. Berhubung artikel aslinya juga bahasa Inggris dan agak bertele-tele, saya coba bantu jelaskan ulang. Mudah-mudahan berguna buat yang sedang membutuhkan.

Langkah-langkah sederhananya kira-kira sbb:

  1. Buka Facebook Debug Tool (atau klik di sini)
  2. Masukkan tautan artikel di kolom yang tersedia
  3. Klik “Fetch new scrape information
  4. Cari kalimat “When shared, this will be included” di sebelah bawah. Pastikan gambar yang kita inginkan sudah muncul, beserta sedikit tulisan artikelnya
  5. Jika gambar yang kita inginkan belum muncul, ulangi lagi dari langkah nomer 3. Jika sudah muncul, silahkan share ulang di Facebook

Pada dasarnya, terkadang Facebook tidak mendapatkan gambar featured image, lalu tidak mencari ulang. Kita share ulang juga tidak membantu. Langkah-langkah di atas memastikan Facebook untuk mengunduh ulang data yang dibutuhkan.

Semoga membantu.

Leave a Reply