Kenapa Harus Menulis?

Gambar: microweber.com

Setelah sekian lama absen, saya memutuskan untuk kembali menulis. Dalam hal ini, nge-blog. Harus diakui, menulis itu tidak gampang. Setidaknya, tidak segampang┬ánge-share artikel di Facebook. Tinggal klik, beres. ­čśÇ

Untuk yang ingin mulai belajar menulis, mungkin bisa mulai dari nge-blog juga. Sebagai awal, mungkin bisa memulai dengan situs blog gratis seperti WordPress atau Blogger. Ingin fasilitas lebih? Bisa dengan membeli domain dan hosting pada penyedia layanan terdekat.

Sebagai awalan, tulisannya tidak perlu banyak-banyak. Satu tulisan per hari, walaupun sederhana, itu juga cukup. Mengutip┬áPak Budi Rahardjo:┬á“quantity over quality“. Tulis yang banyak┬ásaja dulu. Nanti pelan-pelan kualitas tulisannya meningkat.

Lalu, apa yang bisa kita kejar dengan rajin menulis?

  1. Keberanian menyatakan sikap. Dengan menulis, khususnya nge-blog, isi pikiran kita terpampang di dunia maya. Setiap orang dapat membaca, berkomentar ataupun menghakimi opini yang kita tulis. Tapi bukan berarti kita menulis untuk menghina orang lain loh ya
  2. Cara berbicara yang lebih terstruktur. Tulisan yang baik adalah tulisan yang alurnya jelas dan rapi. Tidak lompat-lompat. Ketika kita terbiasa menulis, secara tidak sadar kita juga akan lebih baik dalam berbicara.
  3. Dipaksa untuk update ilmu. Inspirasi untuk menulis tidak selalu datang dengan mudah. Kalau kita bisa memaksa diri kita untuk konsisten menulis, kita juga ‘terpaksa’ untuk banyak membaca. Dengan ‘terpaksa’ banyak membaca,┬ákita juga ‘dipaksa’ untuk selalu memperluas wawasan. Paksaan yang bagus, bukan? Haha.
  4. Berkarya. Isi pikiran kita, kalau tidak dikeluarkan, akan hanya jadi milik kita. Kalau dibuat dalam bentuk tulisan, mudah-mudahan ada banyak orang yang mendapat manfaatnya. Ketemu dengan orang yang suka dengan karya kita, itu menyenangkan.

Begitulah kira-kira. Tulisan ini juga dibuat karena sedang tidak ada inspirasi mau menulis apa. Dari satu-dua kalimat, eh tahu-tahu sudah panjang! ­čśÇ

Ya sudah, sekian dulu ya

Leave a Reply