Tidak Semua Harus Dihadapi

Saya bukan orang yang suka dengan konflik. Biasanya, kalau memang menangpun tidak ada gunanya, saya akan memilih menghindar. Lebih baik pemikiran saya dipakai untuk yang lebih berguna. Lebih baik berkarya. Saya hanya mau ikut berdebat kalau tujuannya positif, bukan cuma sekedar adu ngotot.

Jadi saya juga cenderung kurang nyaman dengan kondisi sekarang. Teman ribut dengan teman lainnya. Bahkan ada teman yang ribut dengan saudaranya, hanya gara-gara adu ngotot. Andai saja mereka lebih memilih untuk memakai waktunya dengan bekerja. Hasilnya akan lebih baik untuk semua.

Saya tidak dalam posisi untuk menentukan yang benar dan yang salah. Saya hanya ingin bilang, bahwa tidak semua ‘perang’ harus kita hadapi. Setiap perjuangan, pasti ada pengorbanan. Jangan berjuang sambil mengorbankan hal-hal yang baik (pertemanan, persaudaraan) hanya demi dibilang ‘lebih pinter’. Tidak sepadan.

Saya kepingin ada di dalam keadaan di mana hanya yang berkarya yang didengar. Saya kepingin kalau buka sosmed, kita lihat galeri hasil karya orang-orang. Saya kepingin kalau di lingkungan kantor, promosi murni ditentukan prestasi, bukan politik sikut-sikutan.

Kedengaran terlalu idealis, memang. Tapi tidak ada salahnya berharap kan?

Ayo kerja lagi!

Leave a Reply