Selera Musik Era Gombloh dan Sekarang

Gambar: sindonews.net

Salah satu lagu jaman dahulu yang saya senangi adalah Berita Cuaca dari Gombloh. Sebenarnya saya pertama kali dengar lagu ini yang versinya Boomerang. Maklum, waktu Gombloh pertama kali rilis lagu ini, saya belum lahir. Haha.

Tapi kalau kita lihat, selera musik di kala itu (tahun 80 sampai 90an) sangat jauh berbeda dengan kondisi sekarang. Waktu itu anak-anak, remaja dan orang tua punya pilihan musik masing-masing. Saat ini, anak-anak dan remaja punya selera musik yang sama. Sementara orang tua cenderung mendengarkan lagu-lagu lama.

Topik-topik yang diangkat di dalam lirik lagu juga jauh berbeda. Tahun 80-90an, topik yang diangkat bervariatif. Bisa tentang burung camar, boneka, politik, dll. Untuk lagu Berita Cuaca tadi, yang diangkat adalah tentang lingkungan hidup. Sekarang, mayoritas soal cinta.

Saya yakin, lagu-lagu dengan tema di luar cinta masih diciptakan di jaman sekarang. Aliran musik 80-90an juga pasti masih ada. Hanya saja mungkin peminatnya tidak banyak. Tidak mainstream. Jadinya jenis musik itu hanya terdengar oleh orang-orang tertentu saja.

Yang pasti, selera pasar memang selalu berubah. Pelaku industri, termasuk industri musik, memang selalu harus menyesuaikan. Kira-kira 10 tahun ke depan, selera musiknya jadi seperti apa ya? 😀

Leave a Reply