Welcome Back, Nokia! Tapi…

Featured Video Play Icon

8 Januari 2017 lalu, Nokia resmi meluncurkan telepon genggam Android pertama mereka, Nokia 6. Ini juga merupakan seri pertama mereka setelah vakum sekian lama. Hanya saja, kali ini Nokia sudah dikendalikan oleh HMD Global, sebuah perusahaan asal Finlandia. Proses manufaktur dilakukan oleh Foxconn, perusahaan asal Taiwan. Nokia-nya sendiri? Cukup menerima royalti saja. šŸ˜€

Akan tetapi, kalau dilihat sekilas, memang tampilannya sudah tidak mencerminkan Nokia yang dulu lagi. ‘Aura’-nya sudah berbeda. Nokia terkesan seperti benar-benar memulai dari nol lagi. Mengulang segalanya dari awal di era di mana Apple dan Samsung sudah kadung merajalela, tentu tidak mudah. Komentar-komentarĀ juga mulai bermunculan, seperti diĀ The VergeĀ dan Forbes.

Oya, untuk sementara Nokia 6 hanya dijual di China. Karena memang di sana pasarnya masih potensial. Lini penjualan juga lebih mudah, berhubung diproduksinya juga diĀ Taiwan. Untuk segmentasi pasar, mereka memilih yang level menengah.

Sebagai comeback, kesannya kurang greget, memang. Tapi di satu sisi, apa HMD Global mau langsungĀ berhadapan dengan Apple dan Samsung di pasar premium? Apakah bendera Nokia bakal berkibar lagi sehebat dulu?

Yah, kita lihat sajalah… šŸ˜€

Leave a Reply