Bisnis, Bukan Cuma Cerita Manis

Gambar: entrepreneurfail.com

Beberapa hari yang lalu, saya baca artikel unik di Internet. Saya sebut unik, karena sudut pandang tulisannya cukup berbeda dari tulisan-tulisan tentang bisnis yang banyak beredar. Kalau tulisan lain memposisikan entrepreneur sebagai superhero, di tulisan ini kita seperti sedang membaca cerita horor. Penasaran? Boleh baca di sini.

Saya pribadi cenderung lebih suka gaya tulisan seperti itu. Berbeda. Saat tulisan lain menceritakan perjuangan yang berbuah manis, tulisan ini hanya berfokus pada pahitnya perjuangan itu sendiri. Tekanan, krisis kepercayaan diri, depresi dll menjadi tantangan yang nyata. Sedihnya, tidak semua perjuangan itu berakhir manis.

Semakin dalam saya terlibat di dalam berbisnis, semakin saya belajar bahwa bisnis tidak untuk semua orang. Seluruh tekanan yang dihadapi bisa membuat seseorang semakin kuat, atau bisa juga membuat seseorang jatuh. Mental yang kuat menjadi kunci. Di balik itu, kita juga harus yakin bahwa bisnis yang kita jalani itu memang sesuai dengan passion kita. Passion tersebutlah yang akan menjadi bahan bakar utama dalam memotivasi.

Bisnis juga bukan untuk gaya-gayaan. Orang yang masuk ke bisnis untuk gaya cenderung mudah kaget dengan tekanan yang datang. Akibatnya, motivasinya hilang begitu saja. Dalam waktu singkat. Mereka tidak siap dengan beratnya tantangan yang datang.

Baca juga: Yakin Mau Buka Bisnis Kuliner?

Untuk itulah, saya senang ketika tulisan-tulisan seperti tadi itu beredar. Setidaknya, seseorang bisa dapat gambaran seberapa besar tantangan yang akan dihadapi. Mereka harus mempersiapkan mental dahulu, baru terjun. Untung rugi itu soal biasa. Kalau dirasa tidak siap, bekerja kantoran saja. Tidak ada salahnya kok.

Baca juga: Pengusaha atau Karyawan, Siapa Lebih Penting?

Gimana, masih yakin mau jadi entrepreneur? 😀

Leave a Reply