Update ke Ubuntu 16.04 Xenial Xerus

Gambar: ubuntuportal.com

Setelah sekian lama menunda, akhirnya saya memutuskan untuk update OS laptop saya dari Ubuntu 14.04 (Trusty Tahr) ke Ubuntu 16.04 (Xenial Xerus). Sebenarnya update ini sudah sangat sangat telat. Ubuntu 16.04 sudah rilis dari April 2016! Dan si laptop sudah mengingatkan saya berulang kali untuk upgradeHaha.

Sebenarnya belakangan saya sudah enggan untuk sering-sering oprek OS. Saya sudah lebih tertarik untuk ngulik hal lain di luar IT. Jadi berhubung saya lihat 14.04 masih bisa dipakai, saya biarin saja. Apalagi biasanya kalau update OS itu suka ada ‘hal-hal aneh khas Linux’ yang terjadi, yang bikin kita harus sedikit oprek sana oprek sini.

Setelah diingatkan untuk upgrade selama setahun, akhirnya saya menyerah. Hal ini dikarenakan sudah terlalu banyak layanan yang terhenti di 14.04. Ini itu mulai tidak bisa. Mau tidak mau saya harus ngikut. Sebenarnya penasaran mau cobain Linux Mint, yang direkomendasi beberapa orang. Tapi ya sudahlah.

Setelah upgrade, sesuai dugaan, ada saja hal-hal yang berubah. Saya jadi harus googling lagi, cari tahu apa yang harus diperbaiki. Untungnya sih, tidak banyak kali ini. Anggap saja ini sebagai penyegaran, supaya tidak lupa dengan dunia IT yang dulu sempat lama digeluti. 😀

Oya, sekalian saya mau mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan.

Cheers!

Leave a Reply