Bikin Musik Online via looplabs

Jadi ceritanya, belakangan ini saya ada project kecil-kecilan di Internet. Project itu mengharuskan saya untuk membuat video dan musik. Untuk software video editing sih ada banyak di Ubuntu. Lain halnya begitu mau bikin musik. ‘Bikin musik’ di sini maksudnya bukan ala Addie MS ya. Haha. Sekedar komposisi audio sederhana saja sudah cukup.

Begitu ada rencana mau bikin musik, yang pertama kebayang adalah GarageBand. Sayang, iMac saya sudah tidak ada lagi. Hehe. Akhirnya saya harus cari alternatif pengganti, sambil tetap masih pakai sistem operasi Ubuntu.

Singkat cerita, saya ketemu situs looplabs (looplabs.com). Masih versi beta. Situs ini menawarkan alternatif komposisi musik yang mirip dengan GarageBand, walaupun mungkin belum sehebat seniornya itu. Berhubung ini adalah aplikasi berbasis web, berarti saya tidak perlu install apa-apa. Tidak perlu makan hard disk. Buka situsnya, daftar, bisa langsung pakai!

Hanya saja, berhubung ini aplikasi web, pastinya ada kelemahan juga. Proses pilah-pilih loops library-nya agak lambat, karena harus pakai koneksi Internet. Beda jauh dengan aplikasi yang di-install seperti GarageBand. Pilih-pilih loops-nya bisa jauh lebih cepat.

Sejauh ini, buat saya, looplabs cukup bisa diandalkan. Toh saya tidak perlu aplikasi yang canggih-canggih amat juga, karena hanya ingin buat musik sederhana. Saya juga bukan musisi. Hanya untuk melengkapi video-video yang akan dibuat. Itu saja.

Ajeb-ajeb dulu ah. 😀

Leave a Reply