Sead Kolasinac, Meriam Anyar Arsenal

Gambar: arsenal.com

Ada satu hal yang menarik ketika kemarin saya nonton laga Emirates Cup antara Arsenal vs Benfica. Saya melihat seorang pemain berbadan besar, kuat, gigih, daya jelajah tinggi, tapi juga berlari cepat! Namanya Sead Kolasinac, rekrutan baru dari Schalke 04.

Sead Kolasinac merupakan pemain internasional Bosnia & Herzegovina yang direkrut Arsenal Juni 2017 lalu. Posisi alaminya adalah sebagai full back. Di Schalke, dia biasa diposisikan sebagai bek kiri, bek tengah ataupun gelandang jangkar. Pemain ini dikenal dengan fisiknya yang kuat, sehingga mendapat julukan ‘The Bosnian Hulk’.

Yang menurut saya menarik dari pemain ini adalah, walaupun Kolasinac berbadan cukup besar, larinya cepat sekali. Daya jelajahnya juga tinggi. Dia bisa mengawali serangan dari sisi kiri belakang, namun tiba-tiba sudah di depan dan bisa kasih operan akurat di titik penalti lawan. Di pertandingan tersebut Kolasinac mencatat assist untuk gol Theo Walcott. Tidak cuma itu, Kolasinac juga berperan penting di gol-gol Arsenal yang lain.

Tipe pemain besar dan tangguh seperti Kolasinac ini sebenarnya cukup jarang direkrut oleh Wenger. Dari pertama kali saya ikuti Arsenal tahun 90-an, contoh pemain yang mirip secara fisik adalah Patrick Vieira, Julio Baptista, Per Mertesacker dan Olivier Giroud. Tidak terlalu banyak. Pada umumnya Wenger mengambil pemain yang ramping dan cekatan.

Walaupun banyak pemain Arsenal yang bagus di pertandingan pertama namun melempem sepanjang musim, saya cukup optimis dengan Kolasinac. Saya pribadi memang menginginkan Arsenal punya pemain yang berpostur seperti itu, agar tidak terlalu kewalahan menghadapi tim-tim yang mengandalkan fisik seperti Stoke City. Mudah-mudahan dia tidak sering cedera.

Kolasinac sepertinya lebih banyak beroperasi di kiri dan tengah lapangan. Posisi ini cukup bagus untuk melengkapi Bellerin yang juga cepat di sisi bek kanan. Tusukan keduanya dari sayap akan sangat membantu gaya bermain Wenger yang terbuka dan cepat. Saya cukup antusias.

Selamat datang di Arsenal, Kolasinac!

Leave a Reply