Teknologi Masa Depan

Sumber: rigzone.com
Gambar: rigzone.com

Perkembangan teknologi memang tidak pernah ada habisnya. Dari yang awalnya kita hanya menciptakan api untuk memasak, batu untuk memotong, roda untuk berjalan, eh sekarang kita sudah mulai berpikir untuk pindah ke planet lain. Luar biasa cepatnya.

Saya coba kumpulkan beberapa sumber untuk memberikan gambaran, apa-apa saja yang sedang dipikirkan pionir top dunia sekarang ini. Sebenarnya perkembangan teknologi jauh lebih luas lagi. Di tulisan ini, saya hanya fokus pada topik-topik yang paling ramai diperbincangkan di media. Berikut beberapa di antaranya:

1. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Pernah nonton film Iron Man yang ada adegan Tony Stark coba buat Iron Man Mark II? Kira-kira begitulah idenya AR. AR mencoba lebih menyatukan pengalaman memakai komputer; tidak lagi melulu lewat layar, tapi lebih serasa menyatu dengan dunia nyata. Jadi intinya, kita melihat dunia nyata plus tambahan dunia virtual. Perkembangan teknologi belum sampai seperti di adegan Iron Man tadi, memang. Sepertinya masih jauh untuk sampai ke sana, karena beberapa tantangan di teknologi.

VR sedikit berbeda dengan AR. Dengan AR kita masih bisa sambil melihat dunia nyata, sementara VR tidak sama sekali. Begitu kita memakai perangkat VR, kita melihat diri kita di dunia yang sama sekali virtual. Sejauh ini aplikasinya banyak di industri game.

Video berikut ini mungkin bisa sedikit menggambarkan perbedaan dari keduanya.

Beberapa contoh perusahaan yang sedang riset di AR adalah AppleGoogle dan Microsoft. Sedangkan untuk VR, pemainnya ada GoogleSamsung dll.

2. Mobil listrik

Kita pasti sudah sering dengar tentang pemanasan global dan upaya mencari alternatif energi. Mobil listrik digagas sebagai salah satu solusi untuk masalah tadi. Mobil ini dipercaya lebih ramah lingkungan, walaupun teknologi untuk sumber dayanya belum maksimal. Sejauh ini, beberapa contoh perusahaan yang berinvestasi serius di sini adalah TeslaChevrolet dan Volkswagen.

3. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)

Topik ini bisa dibilang adalah salah satu topik yang paling banyak pemainnya. Prinsipnya adalah mempelajari kinerja otak manusia dan berusaha menerapkannya ke dalam proses komputasi komputer. Karena komputer mampu melakukan perhitungan jauh lebih cepat dari manusia, maka dipercaya teknologi ini bisa kasih solusi untuk berbagai masalah sosial yang ada.

Penerapan teknologi ini juga luas sekali. Beberapa contoh di antaranya:

4. Blockchain dan cryptocurrency

Teknologi ini agak sedikit unik, karena berusaha mengganti total sistem ekonomi yang ada. Tantangannya sangat berat.

Jadi, dalam sistem ekonomi yang ada sekarang, selalu ada pihak di tengah-tengah pembeli dan penjual. Entah itu bank, agen, distributor dll. Pihak di tengah itu mengambil keuntungan dari setiap transaksi. Kendala kedua, misalnya kita transfer uang ke luar negeri, waktu yang dibutuhkan cukup lama (bisa sampai seminggu). Lalu mata uang negara A, jika kita kasih ke negara B, tidak bisa langsung dipakai sebelum ditukar terlebih dahulu.

Para perintis teknologi blockchain merasa bahwa sistem ekonomi sekarang sangat menguntungkan pihak tengah, tidak praktis dan rentan dibajak. Dengan menghapus pihak tengah tersebut, menurut mereka, ekonomi bisa lebih setara, lebih aman dan lebih rahasia. Pembeli dan penjual bisa langsung transaksi, kapan saja, di mana saja, walau lintas negara sekalipun. Tanpa potongan apapun.

Prinsip dasar dari teknologi blockchain adalah “buku rekening” di dalam server yang tersebar di seluruh dunia. Buku rekening tersebut bisa dilihat oleh siapa saja, tapi identitasnya hanya berupa nomor ID (bukan nama). Kita bisa lihat isinya, tapi kita tidak tahu itu punya siapa. Buku rekening setiap orang saling dipertukarkan di setiap server setiap selang waktu tertentu, sehingga sangat mustahil untuk dibajak. Video berikut ini mungkin bisa menjelaskan lebih detil tentang blockchain.

Di atas teknologi blockchain, disebarlah mata uang digital, yang istilah kerennya cryptocurrency. Mata uang ini nantinya bisa dipakai di seluruh dunia, bisa ditransfer setiap saat dan malah ada kursnya sendiri!

Akankah gagasan ini sukses? Saya belum bisa tebak. Akan tetapi, mereka saat ini sedang naik daun. Dua pemain terbesarnya saat ini adalah Bitcoin dan Ethereum.

5. IoT (Internet of Things)

Sekarang, manusia sudah merasakan nikmatnya terkoneksi via Internet. Lalu, bagaimana jika seluruh perangkat juga terkoneksi? Misalnya, ketika rumah kosong dan cahaya matahari masuk, lampu bisa redup sendiri. Atau dua mobil yang hendak berpapasan saling “berbicara”, sehingga salah satu bisa ngerem sendiri untuk kasih jalan mobil yang lain. Kecelakaanpun bisa terhindarkan.

Prinsip dari teknologi ini adalah memungkinkan perangkat-perangkat saling berinteraksi dengan sensor-sensor yang mereka miliki, untuk meminimalisir perlunya campur tangan manusia.

Penerapan dari teknologi ini cukup luas, akan tetapi yang paling banyak dibicarakan di media saat ini adalah IoT untuk rumahan, seperti Homepod dari Apple, Echo dari Amazon atau Google Home dari Google (perbandingan).

6. Eksplorasi ruang angkasa

Nah, ini topik yang menurut saya paling berat dari semuanya: menyediakan alternatif rumah baru untuk umat manusia.

Topik ruang angkasa memang selalu menarik untuk dibahas. Hal ini karena sangat banyak yang tidak kita ketahui di luar sana, karena keterbatasan teknologi yang kita miliki saat ini. Akan tetapi, itu tidak menyurutkan niat para pionir untuk mencoba mencari rumah baru seperti bumi, di luar sana.

Berbagai negara mulai menerbangkan roket mereka masing-masing ke ruang angkasa. Akan tetapi, saat ini mulai ada juga perusahaan yang melakukan hal yang sama, dengan tujuan komersil. Contoh perusahaan yang serius dalam melakukan ini adalah SpaceX dan Virgin Galactic. Akankah mereka bisa meraih untung dengan melakukan ini? Saya belum tahu. Yang pasti, mereka menginvestasikan uang yang tidak sedikit untuk proyek ini.

 

Masih ada juga beberapa bidang yang lain seperti robotik, alternatif sumber energi, material, dll. Sekali lagi, saya hanya bahas yang paling banyak disorot media saja. Mungkin memang topik-topik di atas yang paling bikin orang penasaran. Setidaknya ini bisa kasih sedikit gambaran, kira-kira perkembangan teknologi nanti akan ke arah mana.

Semua demi masa depan manusia yang lebih baik.

Leave a Reply